Keamanan dan kenyamanan adalah hal esensial dalam berbagai usaha, terlebih yang bergerak di bidang jasa termasuk rental mobil.
Tidak dipungkiri bahwa permintaan sewa lepas kunci lebih tinggi daripada dengan sopir, antara lain karena alasan privasi dan harga sewa yang lebih rendah. Hal ini tentu menjadi poin kecemasan tersendiri bagi pemilik kendaraan, terlebih penyewa-penyewa yang datang beragam, serta kondisi lalu lintas kota besar yang tidak terduga, membuat keterlambatan pengembalian kendaraan sangat mungkin terjadi dan tentunya membuat hati si pemilik kendaraan waswas.
Dalam artikel kali ini, kami ingin membahas hal-hal yang dapat kamu lakukan sebagai Host untuk meningkatkan rasa aman.
Gunakan GPS Kendaraan
GPS dapat melacak keberadaan kendaraan secara real time. Hal ini tentu memudahkan Host untuk mengetahui status kendaraan, mengecek kesesuaian lokasi mobil dengan destinasi yang disampaikan, hingga memperkirakan waktu pengembalian kendaraan.
GPS mobil yang tersedia di pasaran sangat beragam jenis dan fiturnya. Kami menyarankan GPS dengan fitur immobilizer yang terhubung ke aki kendaraan sebagai GPS utama, karena GPS jenis tersebut tidak mudah dicabut dan fitur immobilizer memberikan host kemampuan untuk mematikan kendaraan dari jarak jauh, tentunya hal ini sangat membantu mengamankan mobil ketika ada gelagat mencurigakan dari Guest.
Selain itu, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, misal kecelakaan, pemilik mobil dapat memantau dan menghubungi bantuan lebih cepat. Jadi, GPS bukan saja hanya untuk keamanan dan kenyamanan sang pemilik mobil, tapi juga bagi penyewa.
Pengecekan Kredibilitas Guest
Ada beberapa dokumen tambahan yang dapat kamu cek dengan Guest demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat menyewakan kendaraan lepas kunci, diantaranya:
KTP / Passport
SIM
NPWP
Kartu Keluarga
ID Pegawai / Kartu Nama / Kartu Pelajar
Kredibilitas dan keaslian nomor telepon
Google dan sosial media (Facebook, Instagram, Twitter, dll)
Pengambilan foto serah terima kendaraan
Survei rumah dan alamat pengantaran
Waktu pengembalian, setiap keterlambatan 1-5 jam dikenakan 50% dari tarif harian, untuk keterlambatan di atas 5 jam dikenakan 100%.
Dokumen-dokumen di atas adalah opsi yang TREVO anjurkan. Tapi, jangan lupa untuk mencantumkannya di kolom deskripsi kendaraan supaya Guest tau sebelum membuat booking dan dapat mempersiapkannya lebih awal ya! Selengkapnya: https://host.trevo.id/kredibilitas-guest
TREVO Shield
Produk Layanan Perlindungan TREVO Shield dapat menjadi solusi atas keamanan kendaraanmu. Selain karena kendaraan yang terdaftar pada plan 30 & 35 otomatis mendapatkan GPS (deposit tergantung pada plan yang dipilih), kerusakan yang terjadi pada kendaraan dicakup dalam TREVO Shield (daftar manfaat dan persentase cakupan bergantung pada plan yang dipilih). Selengkapnya: https://host.trevo.id/produk-layanan/trevo-shield
Permintaan Foto Selfie Dengan Kendaraan
TREVO menyarankan Host untuk meminta Guest mengambil selfie dengan kendaraan secara berkala, terutama untuk booking tujuan luar kota atau berdurasi panjang. Dengan cara ini, Host dapat memastikan kendaraan masih dalam kendali Guest dan tidak berpindah tangan ke orang lain. Selain itu, Host juga bisa mengetahui kondisi fisik kendaraan melalui foto.
Demi kenyamanan Guest, sebaiknya permintaan foto selfie ini dicantumkan di deskripsi listing dan dikomunikasikan sebelum serah terima mobil. Frekuensi permintaan foto selfie juga sebaiknya tidak lebih dari 2 kali dalam sehari agar tidak mengganggu aktivitas Guest.
Waspada Terhadap Perpanjangan Booking
Permintaan perpanjangan booking oleh Guest adalah hal yang lumrah terjadi dalam bisnis rental kendaraan. Namun, berdasarkan data TREVO lebih dari 50% kasus penggelapan kendaraan berawal dari perpanjangan booking di kendaraan yang sama oleh Guest yang sama. Sehingga, kami menyarankan Host lebih waspada dan melakukan pengecekan lebih lanjut sebelum menyetujui permintaan perpanjangan booking dari Guest.
Pasang Stiker Kendaraan Rental
Pada kasus penggelapan kendaraan, seringkali mobil ditemukan sudah berpindah tangan dari Guest ke orang lain. Orang yang menerima kendaraan tersebut umumnya merupakan pembeli mobil atau penadah barang gadaian yang tidak mengetahui bahwa mobil tersebut adalah mobil rental. Oleh karena itu, Host disarankan memasang stiker dengan mencantumkan nomor teleponnya di beberapa bagian kendaraan dengan pesan “Ini adalah kendaraan rental. Jika ada percobaan jual-beli atau gadai kendaraan ini, mohon hubungi 08xxxxxxxxxx”.
Install Aplikasi Identifikasi Penelepon
Kamu bisa coba mengunduh aplikasi Getcontact. Aplikasi Getcontact dibuat salah satunya untuk melaporkan nomor pelaku kejahatan dengan sesama pengguna Getcontact. Harapannya, dengan semakin banyak Host meng-install aplikasi ini, sesama Host bisa saling memberi peringatan terhadap pelaku kejahatan, terutama yang menargetkan rental mobil.
Ketujuh hal di atas dapat kamu lakukan untuk mendapatkan ketenangan pikiran saat masa penyewaan. Jangan sampai banyak cuan, tapi kepala pusing karena stress mikirin keamanan kendaraan.
Semoga solusi-solusi ini semakin meyakinkanmu untuk mendaftarkan lebih banyak kendaraan, terutama lepas kunci di TREVO untuk jangka waktu yang panjang!