Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk merasa aman saat menyewakan mobilmu, terlebih saat lepas kunci. TREVO pun telah menyediakan layanan pendukung untuk memberi keyakinan lebih kepada Host berupa layanan pelanggan yang dapat membantu segala isu-mu serta asuransi TREVO Shield, yang memberikan proteksi pada unit kendaraan dari kehilangan atau kerusakan berat yang disebabkan oleh kecelakaan, bencana alam, dan lain-lain (selengkapnya: https://host.trevo.id/produk-layanan/trevo-shield).


Dalam artikel ini, kami akan membahas opsi lain yang bisa kamu lakukan guna meningkatkan keamanan mobil kamu, dengan memeriksa latar belakang Guest pada saat pemesanan. Pemeriksaan latar belakang ini kami persilahkan untuk Host lakukan dengan catatan:


  • Hanya dilakukan untuk booking tanpa sopir / lepas kunci

  • Jenis pengecekan yang akan dilakukan harus ditulis jelas dalam deskripsi listing

  • Apabila terjadi penolakan booking karena pengecekan latar belakang, Host wajib laporkan alasan penolakan secara detail ke TREVO

  • Mohon layani Guest dengan sebaik-baiknya dan sopan selama proses permintaan dan pengecekan dokumen Guest


TREVO merekomendasikan Host untuk melakukan pemeriksaan Guest dengan cara meminta 1 atau lebih dokumen dari yang disarankan TREVO di bawah ini:


  • KTP / Passport

  • SIM

  • NPWP

  • Kartu Keluarga

  • ID Pegawai / Kartu Nama / Kartu Pelajar

  • Kredibilitas dan keaslian nomor telepon

  • Google dan sosial media (Facebook, Instagram, Twitter, dll)

  • Pengambilan foto serah terima kendaraan

  • Survei rumah dan alamat pengantaran

Pada saat pengecekan, kamu dapat memutuskan melanjutkan atau membatalkan dengan memberikan alasan yang kuat dan pastikan kamu menguraikannya secara detail ya!

Cara Melaporkan Penolakan Pemesanan

  1. Klik Tolak atau Decline pada pemesanan Guest

2. Pilih alasan pembatalan dengan sesuai dan uraikan alasanmu.

TREVO tidak menutup pilihan permintaan dokumen lain dari Host kepada Guest, apabila dirasa dibutuhkan asalkan Host mencantumkan daftar dokumen yang diminta pada Deskripsi Listing (cara mengedit Deskripsi Listing).


Harap diperhatikan bahwa pelanggaran listing mungkin dikenakan kepada Host yang menolak pemesanan apabila:

  • Pengecekan yang dilakukan tidak tertulis dalam deskripsi listing.

  • Tidak melaporkan alasan penolakan ke TREVO.

  • Terdapat bukti Host berperilaku tidak sopan kepada Guest dalam proses permintaan atau pengecekan dokumen.

Kami sarankan agar kamu dapat menyimpan bukti percakapan atau penolakan Guest atas pengecekan, untuk keperluan investigasi TREVO (apabila dibutuhkan). Untuk permintaan pemesanan pada hari yang sama, pelanggaran listing tidak akan dikenakan apabila host tidak sempat melakukan survei rumah.


Yuk segera terapkan pengecekan latar belakang dan jangan lupa untuk mengatur deskripsi listing kamu ya!